Minggu, 01 Maret 2009

anak panah dalam logo Fedex

Bisakah Anda Melihat Anak Panah Dalam Logo FedEx?
 

Saya tidak tahu berapa banyak peblo (pembaca blog) yang mengenal logo FedEx berikut. Ini perusahaan expedisi yang menjamin pengiriman antar kota dalam waktu semalam. Ketika pendiri FedEx menulis paper mengenai ide pengiriman barang secara ekspress itu, dia cuma diberi nilai C oleh professornya di Universitas Yale namun paper itu yang dijadikan patokan untuk mendirikan perusahaan jasa ekspedisi Federal Express yang disingkat FedEx ini. Tahun 2006, menurut majalah Forbes, Fred Smith, pendiri FedEx tercatat sebagai orang terkaya urutan 365 di Amerika dengan kekayaan total US$2.1 billion. Gaji pertahunnya US$4.62 juta. Tahun 2007, Fred meloncat ke urutan nomor 140 Forbes.



Hari ini saya sedang melihat-lihat buku di pajangan toko buku ketika melihat buku Having It All karya John Assaraf. Karena pernah melihat John dalam DVD The Secret, saya langsung ambil buku itu dan membalik-balik halamannya. Mata saya tertarik dengan logo FedEx di salah satu halaman jadi saya berhenti dan baca sebentar. Menurut John, kita mungkin sudah melihat logo ini beratus-ratus kali, tapi apakah kita pernah memperhatikan anak panah dalam logo ini?

Saya sempat tertegun karena tidak melihat anak panah itu. Tapi kata John, perhatikanlah secara saksama, anak panah itu ada di sana. Sudah ketemu?

Kalau sudah anda coba berulang-ulang dan tidak ketemu, jangan khawatir. Saya juga tidak menemukannya, padahal menurut John, anak panah itu sudah ada di sana sejak awal. Nah, silahkan melihat lagi logo itu. Kalau masih belum ketemu, coba perhatikan bagian yang memisahkan huruf E dan X. Ketemu?

John mengatakan bahwa kita menyadari atau tidak, kita selalu melihat anak panah itu karena memang anak panah itu selalu ada di logo itu hanya saja kita tidak menyadarinya. Melihat tidak selalu berarti memahami atau melihat dengan jelas.

Bagi yang tertarik ide-ide John, silahkan cari bukunya John Assaraf, atau kunjungi situsnya. Di sini saya hanya ingin sharing ide John bahwa melihat dan memahami adalah dua hal yang berbeda. Saya sendiri kaget karena saya memang sudah tahu tentang buku dan DVD berjudul The Secret, tapi saat menulis ide ini, saya cek ke situs John yang url-nya saya lihat di sampul buku tadi. Saya kaget dengan bahan yang tersedia di sana. Silahkan kunjungi sendiri situs di atas. Tidak, saya tak menerima komisi dari pemasangan iklan ini. Saya hanya ingin berbagi info.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar